Kurikulum dan sistem Pendidikan Sekolah Alam dibangun agar dapat menghasilkan siswa yang berakhlak, berilmu, dan terampil dalam mencari rizki yang halal serta mencintai lingkungan. Secara garis besar, Pendidikan Sekolah Alam mengacu pada fungsi manusia sebagai khalifatullah fiil ‘ard (pengelola bumi).
Kurikulum Akhlaqul Karimah (Sikap Hidup)
Membentuk siswa menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Allah SWT, berakhlak mulia dan menjadi pemimpin yang rahmatan lil ‘alamin serta berusaha meningkatan kualitas dirinya sebagai manusia.
Kurikulum Falsafah Ilmu Pengetahuan (logika berfikir)
Siswa memperoleh kompetensi dasar ilmu pengetahuan dan teknologi serta membudayakan berpikir sistematik, ilmiah, kritis, kreatif dan mandiri yang meliputi; Logic Nature, Logika Matematika, Literasi dan Bahasa, Sosial, Seni dan Budaya dengan metode utama action learning.
Kurikulum Kepemimpinan (Leadership)
Mengenal dan menggali potensi siswa, mengembangkan bakat, dan membekali dengan keterampilan hidup yang bermanfaat dalam kehidupan, meningkatkan potensi fisik serta membudayakan sportivitas dan kesadaran hidup yang bermartabat, sehat jasmani dan ruhani agar dapat menjadi pemimpin yang rahmatan lil alamin..
Kurikulum Kewirausahaan (Entrepreunership)
Menanamkan mental entrepreneurship pada siswa, menumbuhkan mental yang kuat, semangat kemandirian finansial, pengetahuan dan keterampilan berwirausaha. Kegiatan wirausaha dapat dilakukan secara mandiri oleh setiap siswa, bersama dengan siswa lain dalam satu kelas (market day) dan atau magang.
Kurikulum Green Lifestyle
Menanamkan nilai cinta pada lingkungan, mengelola alam secara harmonis, turut serta secara aktif baik secara lokal maupun global dalam upaya memakmurkan bumi dan menjaga alam